Thursday, October 24, 2013

TUGAS SOFTSKILL BAHASA INDONESIA 2 (2): TUGAS KELOMPOK

Nama Kelompok :1)    Intan Sabilul Khoerot                             23211653
2)    Mifta Huljannah                                      24211468
3)    Mirna Wati Dewi                                     24211500
1.     Mengapa fungsi komunikasi bahasa disebut fungsi dasar? Mengapa pula disebut fungsi utama?
Jawab :
Pada dasarnya fungsi bahasa bukan hanya sebagai alat komunikasi, ada fungsi lain diantaranya sebagai alat kontrol sosial yaitu yang dapat kita terapkan pada diri kita sendiri atau kepada masyarakat, berbagai penerangan informasi maupun pendidikan disampaikan melalui bahasa. Selain itu bahasa juga dapat dikelola seindah mungkin yang dapat dituangkan melalui puisi, pantun, dll. Keterikatan dan keterkaitan bahasa dengan manusia menyebabkan bahasa tidak tetap dan selalu berubah seiring perubahan kegaiatan manusia dalam kehidupannya di masyarakat. Perubahan bahasa dapat terjadi bukan hanya berupa pengembangan dan perluasan, melainkan berupa kemunduran sejalan dengan perubahan yang dialami masyarakat.Fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi atau menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis sehingga seseorang yang menerima informasi mengerti dengan apa yang kita sampaikan.  Bukan hanya itu saja bahasa dapat digunakan juga untuk mengutarakan pikiran atau gagasan.  Dengan bahasa seseorang bisa mengekspresikan diri.
2.     Apa fungsi alami bahasa dan fungsi buatan?

Jawab :Perlu kita ketahui fungsi bahasa terdiri dari 2  yaitu:

1.     Fungsi bahasa alamiAdalah bahasa sehari-hari yang biasa digunakan untuk menyatakan sesuatu, yang tumbuh atas dasar pengaruh akan alam sekelilingnya.Fungsi bahasa alami dibagi menjadi dua yaitu:a.      Bahasa isyaratBahasa isyarat dapat belaku umum seperti menggelengkan kepala tanda tidak setuju, mengangguk tanda setuju.Berlaku khusus untuk kelompok tertentu dengan isyarat tertentu pula.b.     Bahasa biasaYaitu bahasa yang digunakan dalam pergaulan sehari-hari. Symbol sebagai pengandung arti dalam bahasa biasa disebut kata, sedang arti yang dikandungnya disebut makna.2.     Fungsi bahasa buatan
Adalah bahasa yang disusun sedemikian rupa berdasarkan pertimbangan akal pikiran untuk maksud tertentu.
3.     Apa yang disebut dengan metakomunikasi?
Jawab :Perlu kita ketahui, metakomunikasi berasal dari dua kata. Kata “meta” berasal dari bahasa Yunani, yang berarti luar atau samping. Dan kata “komunikasi” yang berarti ada sesuatu selain atau disamping komunikasi atau jika lebih disederhanakan penerapannya akan menjadi komunikasi tentang komunikasi.
Sehingga dapat disimpulkan  “Metakomunikasi” merupakan uraian yang menggambarkan hubungan antara komunikator dan komunikan saat melakukan komunikasi. Perilaku nonverbal seringkali bersifat metakomunikasi.Contoh yang jelas adalah:
a.  Menyilangkan jari Anda dibalik punggung bila Anda berdusta.b. Bila Anda membuat pernyataan dan mengedipkan mata, kedipan mata ini mengomentari pernyataan verbal itu.

 SUMBERSUMBER

SUMBER


No comments:

Post a Comment