ABSTRAKSI
Analisis Pengaruh
Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Jasa Keuangan (KJK)
di Kelurahan Selong
Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya jenis koperasi di Indonesia yang
menuntut koperasi untuk mengembangkan dan membina daya usaha rakyat untuk
meningkatkan produksi demi mewujudkan terciptanya kelangsungan perkembangan
demokrasi ekonomi. Kualitas pelayanan adalah harapan konsumen tentang pelayanan
dan persepsi yang mereka terima yang berhubungan dengan produk jasa manusia,
proses dan lingkungan. Sedangkan kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau
kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau
kesannya terhadap kinerja (atau hasil) suatu produk dan harapan-harapannya.
Penelitian
ini dilakukan pada nasabah Koperasi Jasa Keuangan (KJK) di Kelurahan Selong
yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas
pelayanan jasa Koperasi di Kelurahan Selong. Adapun judul dari penelitian ini
adalah “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah
Koperasi Jasa Keuangan (KJK) di Kelurahan Selong”.
Adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara
menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara kepada para responden untuk
mengetahui penilaian responden terhadap kinerja Koperasi Jasa Keuangan (KJK) di
Kelurahan Selong. Pengambilan sampel dilakukan pada responden yang diambil
sebanyak 50 responden. Untuk mengetahui kualitas pelayanan jasa di Koperasi Jasa
Keuangan (KJK) di Kelurahan Selong, penelitian ini menggunakan metode Analisis
Deskriptif yaitu analisis yang mencakup karakteristik nasabah Koperasi Jasa
Keuangan (KJK) yang meliputi : Usia, Jenis Kelamin, Jenjang Pendidikan, Jenis
Pekerjaan, dan Tingkat Penghasilan yang diperoleh dalam satu bulan.
Dari
hasil penelitian tersebut diharapkan nasabah merasakan adanya kepuasan dan
dampaknya bagi Koperasi Jasa Keuangan (KJK) tersebut akan memperoleh laba
maksimum.
No comments:
Post a Comment