Friday, January 17, 2014

TUGAS SOFTSKILL BAHASA INDONESIA 2 (4) : TUGAS PERSONAL

ABSTRAKSI

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Jasa Keuangan (KJK) di Kelurahan Selong

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya jenis koperasi di Indonesia yang menuntut koperasi untuk mengembangkan dan membina daya usaha rakyat untuk meningkatkan produksi demi mewujudkan terciptanya kelangsungan perkembangan demokrasi ekonomi. Kualitas pelayanan adalah harapan konsumen tentang pelayanan dan persepsi yang mereka terima yang berhubungan dengan produk jasa manusia, proses dan lingkungan. Sedangkan kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja (atau hasil) suatu produk dan harapan-harapannya.
Penelitian ini dilakukan pada nasabah Koperasi Jasa Keuangan (KJK) di Kelurahan Selong yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan jasa Koperasi di Kelurahan Selong. Adapun judul dari penelitian ini adalah “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Jasa Keuangan (KJK) di Kelurahan Selong”.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara kepada para responden untuk mengetahui penilaian responden terhadap kinerja Koperasi Jasa Keuangan (KJK) di Kelurahan Selong. Pengambilan sampel dilakukan pada responden yang diambil sebanyak 50 responden. Untuk mengetahui kualitas pelayanan jasa di Koperasi Jasa Keuangan (KJK) di Kelurahan Selong, penelitian ini menggunakan metode Analisis Deskriptif yaitu analisis yang mencakup karakteristik nasabah Koperasi Jasa Keuangan (KJK) yang meliputi : Usia, Jenis Kelamin, Jenjang Pendidikan, Jenis Pekerjaan, dan Tingkat Penghasilan yang diperoleh dalam satu bulan.
Dari hasil penelitian tersebut diharapkan nasabah merasakan adanya kepuasan dan dampaknya bagi Koperasi Jasa Keuangan (KJK) tersebut akan memperoleh laba maksimum.

No comments:

Post a Comment