Monday, June 22, 2015

TUGAS KE-4 : AKUNTANSI INTERNASIONAL (KASUS 12-1)

Kasus 12-1
Muscle Max: Pelatih Pribadi Anda Sendiri

Muscle Max-Asia, sebuah perusahaan afiliasi yang dimiliki seluruhnya oleh sebuah induk perusahaan dari Prancis, berfungsi sebagai kantor pusat regional yang menjalankan kegiatan di kawasan Asia Pasifik. Perusahaan itu menikmati otonomi besar dari induk perusahannya di Perancis ketika melaksanakan kegiatan utamanya dalam bisnis, memproduksi dan menjual Muscle Max, suatu alat angkat berat komersial yang dapat digunakan pada klub olahraga atau di rumah. Muscle Max Asia memiliki afiliasi manufaktur di Malaysia dan Canton (Negeri China) dan outlet distribusi di Australia Austria, Jepang, Selandia Baru, Negara Korea Selatan, dan Singapura. Perusahaan berencana untuk memperluas operasinya ke negara-negara Kawasan Pasifik lainnya dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Berdasarkan
permintaan akan peralatan angkat berat di Australia, perusahaan afiliasi distribusi di sana, Muscle Max Australia, telah mengimpor peralatan yang dibutuhkan dari Kantosn dan Malaysia dengan membayar bea masuk sebesar 5%.  Pemasok yang merupakan pesaing peralatan sejenis telah melakukan pendekatan agar perusahaan afiliasi Australia melakukan pemesanan kepada mereka. Harga yang ditawarkan untuk peralatan seperti itu berkisar antara 650 hingga 750 dollar australia. Muscle Max Australia, yang saat ini menjual peralatan itu dengan harga retail sebesar A$ 1.349, baru saja mengajukan keluhan kepada Muscle Max Asia karena perbedaaan harga yang dieknakan oleh perusahaan afiliasinya di Kanton dan Malaysia. Khususnya, ketika perusahaan afiliasi Malaysia mengenakan harga per unit sebesar A$ 675, harga pemasok Kanton adalah 26% lebih tinggi. Muscle Max Asia menjelaskan bahwa harga transfer, yang didasarkan pada rumusan biaya plus (total biaya produksi adalah A$ 450 per unit) mencerminkan beberapa pertimbangan, termasuk margin yang lebih tinggi untuk mengimbangi resiko kredit, resiko operasi, dan pajak. Untuk pajak, misalnya Muscle Max Asia menjelaskan bahwa Republik Rakyat Cina memberikan insentif fiskal bagi perusahaan yang melakukan ekspor. Meskipun tarif pajak penghasilan perusahaan yang normal adalah 33% pihak otoritas pajak di Kanton telah menyetujui tarif sebesar 10% untuk seluruh laba yang diperoleh dari kegiatan ekspor.

Manajer Muscle Max Australia masih tetap skeptis dan merasa bahwa pihaknya menanggung inefisiensi yang dilakukan oleh manajer Kanton. Pada komunikasi terakhirnya, ia bertanya apakah ia dapat mempertimbangkan pemasok alternatif peralatan angkat berat untuk mempertahankan pangsa pasar lokal.

Diminta:

1. Masalah apa yang disebutkan di atas?
Jawab: Perbedaan harga jual muscle max yang tinggi antara Negara Australia dengan Negara asia, yang sama-sama menjual peralatan angkat berat, serta Negara republic cina memberikan insentif fiscal bagi perusahaan yang melakukan ekspor, meskipun tariff pajak penghasilan perusahaan yang normal 33 %, pihak otoritas pajak di katon telah menyetujui tarif sebesar 10 % untuk seluruh laba yang di peroleh dari kegiatan ekspor sehingga manajer muscle max- Australia masih tetap skeptic dan merasa bahwa pihaknya mananggung inefesiensi yang dilakukan manajer kantor

2. Serangkaian tindakan apa yang akan anda rekomendasikan untuk menyelesaikan masalah yang telah anda odentifikasi?
Jawab: Rekomendasi untuk menyelesaikan masalah ini adalah adanya kesamaan harga jual antara perusahaan afiliasi di setiap negara dan adanya kesamaan pajak dari alat tersebut 

No comments:

Post a Comment