Sunday, March 25, 2012

AIR TERJUN INDAH DI INDONESIA

1. Air Terjun Temam masih alami

Air Terjun Temam termsuk masih alami. Saat ini, sedang dibangun beberapa fasilitas umum. Tujuannya, agar pengunjung lebh nyaman berkunjung kemari.
Air Terjun Temam terletak di Kelurahan Rahmah, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan I, Sumatera. Lokasi air terjun ini tidak terlalu jauh dari kota Lubuk Linggau. Hanya saja, belum ada angkutan umum yang sampai kemari.
Air terjunnya cukup lebar. Bentuknya mirip Air Terjun Niagara, tetapi ukurannya lebih kecil. Air terjun ini tidak terlalu deras. Karena itu, mestinya cukup menyenangkan untuk mandi. Sayang, kolamnya cukup dalam dan curam.
Anak-anak yang tidak mahir berenang, sebaiknya tidak mandi di sini. Kolamnya dalam, airnya cokelat karena lokasinya tidak di hulu sungai. Pengunjung harus hati-hati jika mendekat ke lokasi kolam. Jika hujan turun, maka kolam licin sekali.








2. Satu Curug = Tiga Curug

Air Terjun ini dikenal dengan nama Curug Cikaso. Meskipun kelihatannya cuma satu, sebenarnya ada tiga air terjun di Curug Cikaso.
Curug ini terletak di Kampung Ciniti, Jampang Kulon, Sukabumi. Jaraknya kira-kira 100 km dari pusat kota Sukabumi. Tak jauh dari Pantai Ujung Genteng. Kalau ke sana, kita bisa sekalian mengintip penyu bertelur di Pantai Pangumbahan, Ujung Genteng.
Untuk menuju air terjun, para pengunjung bisa berjalan kaki melewati kebun, sawah atau naik perahu. Sebuah perahu kayu bisa memuat 5-10 orang. Tarif sewa perahu kayu sekitar Rp 80.000,-. Perahu akan menunggu pengunjung sampai kira-kira 3 jam lamanya.
Air Terjun Cikaso ini terjun dari tebing batu setinggi hampir 80 m. Lebar air terjunnya hampir 100 m.
Curug Cikaso terbentuk dari tiga air terjun yang letaknya bersebelahan, yaitu Curug Asepan, Curug Meong, dan Curug Aki.
Air ini sebenarnya merupakan limpahan air Sungai Cikaso. Air sungai itu meluncur ke sisi tebing batu. Letak tebing yang tinggi itu, membuat limpahan airnya membentuk air terjun.
Air yang terjun dari sungai itu, membentuk sebuah danau kecil. Airnya bening berwarna kehijauan. Para pengunjung bisa berenang di sini.








3. Curug Nangka di Kaki Salak

Curug Nangka merupakan ar yang tumpah dari kaki Gunung Salak. Letaknya di Kecamatan Taman Sari, Desa Sukajadi, Jawa Barat. Tepatnya, di dalam kawasan Taman Nasional Halimu-Salak.
Pengunjung bisa datang naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Rutenya dengan mengambil arah ke Ciapus. Ada juga monyet-monyet yang menyapa. Ya, saat-saat tertentu monyet liar akan keluar dan mendekat pengunjung.
Untuk mencapai curug, kita harus melintasi sungai yang jernih. Hati-hati, jangan menginjak batu yang licin karena bisa terpeleset.
Curug Nangka amat indah. Suara air terjun yang deras menjadi musik bagi pengunjung. Ditambah lagi, suara-suara khas dari binatang-binatang dan rimbunnya pepohonan.


sumber: majalah bobo dengan sedikit perubahan

No comments:

Post a Comment