Wednesday, March 07, 2012

TIPS CANTIK & SEHAT ALA ISLAM

"Seluruh dunia ini adalah perhiasan dan perhiasan terbaik di dunia ini adalah wanita yang salihah." (HR An-Nasa`i dan Ahmad)

Bolehkah seorang muslimah menjadi cantik?
Allah itu Maha Indah dan sungguh Allah mencintai keindahan. Sementara itu, cantik temasuk katagori indah, bukan? Cantik menurut kesehatan adalah sehat jasmani dan rohani.
Namun, tak diragukan lagi bahwa ketika kita bicara cantik, umumnya akan menyangkut tentang wajah dan kulit. Pada umumnya wanita yang ingin tampil cantik itu adalah fitrah. Begitu pula wanita muslimah. Meskipun demikian, tetap saja penilaian cantik itu sendiri relatif sangat subjektif. Cantik itu sendiri bisa dibagi menjadi beberapa klasifikasi, yaitu :

1. Cantik Secara Lahiriah

Menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, keserasian dalam berpakaian.
Berpakaian di sini haruslah menutup aurat sesuai dengan Al-Qur`an,
"Katakanlah kepada wanita yang beriman, 'Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara laki-laki mereka atau putera-putera saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung," (QS An-Nur:31)

"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Al-Ahzab :59)

Setelah memenuhi kriteria tadi, barulah diperbolehkan berpakaian untuk memenuhi nilai estetika, indah dan pantas secara wajar.

2. Cantik Secara Spiritual

Memiliki kedekatan hubungan dengan Allah, berusaha menjadi hamba Allah yang taat.

3. Cantik Emosi dan Akhlak

Memiliki rasa malu, lemah lembut, santun, jujur, amanah dan menjaga kehormatan serta kesucian diri.

4. Cantik Intelektual

Seorang muslimah harus memiliki kecerdasan intelektual dan tidak akan membiarkan dirinya direndahkan, dilecehkan dan dieksploitasi.

Semuah hal diatas membuat seseorang wanita yang mempesona karena memiliki daya tarik kepribadian, meski ia tidak cantik secara fisik yang merupakan pemberian Allah yang tidak boleh diubah, inner beauty seperti kecantikan spiritual , akhlak, dan intelektual dapat diusahakan dan ditingkatkan.

Jadi bolehkan seorang muslimah menjadi cantik dan melakukan usaha-usaha agar menjadi cantik?
Tentu saja boleh sekali! Hanya perlu dingat, luruskan kembali niat kita. Usaha yang kita lakukan adalah dalam rangka merawat tubuh yang merupakan karunia Allah yang harus disyukuri, harus berada dalam koridor-koridor yang diperbolehkan dalam syariat Islam. Jangan sampai membahayakan kesehatan kita sendiri.

Saat ini banyak usaha untuk meremajakan kulit yang dilakukan agar kulit tampak lebih 'cling'. Usaha-usaha tersebut antara lain

1. Pemakaian bahan secara topikal seperti jamu dan umbi-umbian.
2. Pengelupasan dengan bahan kimia seperti AHA dan TCA
3. Pengelupasan secara fisik seperti masker dan luluran.
4. Augmentasi seperti pemakaian silikon dan kolagen.
5. Penggunaan toxin seperti suntik botox (botulinum toxin).

Tindakan di atas sebenarnya aman untuk dilakukan asalkan disesuaikan dengan jenis kulit dan ferekuensi tindakan. Namun, ada beberapa tindakan yang sebaiknya dilakukan dengan pengawasan dokter seperti suntik botox dan pemakaian silikon/kolagen, walaupun sebenarnya banyak dari dokter yang tidak menganjurkan dilakukan dua tindakan itu kecuali pada kasus tertentu.

Perawatan harian yang aman dan dianjurkan adalah sebagai berikut :

- Membersihkan wajah setelah bepergian dengan milk cleanser dan astringent
- Menggunakan pelembab dan sun block dengan SPF 15 ketika akan bepergian
- Melakukan masker wajah tiap minggu dan luluran tiap bulan
- Mengkonsumsi air putih 8 gelas perhari dan buah-buahan
- Serta tidak menggunakan kosmetik yang mengandung mercury.

Selain hal di atas, ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit kita telihat lebih tua, yaitu :

- Kulit yang sering terpapar matahari akan terlihat lebih tua 20 tahun
- Stress akan membuat kulit lebih tua 3 tahun
- Hidup di kota besar akan membuat kulit kita terlihat lebih tua 5 tahun
- Diet yang extreme akan membuat kulit kita terlihat lebih tua 10 tahun.

"Ada dua kenikmatan yang membuat banyak orang terpedaya yakni nikmat sehat dan waktu senggang (Artinya, saat-saat sehat dan waktu luang/ senggang orang-orang sering menggunakannya untuk melakukan perbuatan yang sia-sia dan terlarang)." 
(HR-Bukhari)

Sumber : Qultummedia (Indriya R. Dani & Muthia Esfand) dengan sedikit perubahan


No comments:

Post a Comment