Thursday, November 15, 2012

PERTEMUAN XI PERANAN KOPERASI

Peranan koperasi dalam berbagai bentuk pasar dan juga di berbagai keadaan persaingan. Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu:
a.  Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market)
b.  Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market), yaitu monopoli, persaingan monopolistik (monopolistict competition), dan oligopoli.

1.      DI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Peranan koperasi dalam persaingan sempurna (perfect competitive market)
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna:
a.   Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak.
b.   Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen).
c.   Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar.
d.   Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna.

PERSAINGAN SEMPURNA




2.      DI PASAR MONOPOLISTIK
Ciri-cirinya yaitu:
a.   Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam.
b.   Produk yang dihasilkan tidak homogen.
c.   Ada produk substitusinya.
d.   Keluar atau masuk ke industri relatif mudah.
e.   Harga produk tidak sama di semua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya.




3.      DI PASAR MONOPSONI


KELANGSUNGAN HIDUP KOPERASI JANGKA PANJANG PADA PASAR PERSAINGAN MONOPSONI



4.      DI PASAR OLIGOPOLI
a.   Oligopoli adalah struktur pasar di mana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar.
b.   Dua strategi dasar untuk koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan non harga.


KOPERASI DENGAN BIAYA TINGGI DALAM SUATU PASAR OLIGOPOLI


KOPERASI DENGAN KEMAMPUAN SAMA DI PASAR OLIGOPOLI
 

a.       Penawaran harga yang bersifat predator
b.      Price leadership:
Price leadership oleh perusahaan dengan biaya terendah

 


PRINSIP LEADERSHIP OLEH PERUSAHAAN DOMINAN

 

RINTANGAN-RINTANGAN MEMASUKI PASAR
Rintangan Kerugian Biaya Absolut Koperasi

 

SKALA EKONOMIS SEBAGAI RINTANGAN UNTUK MEMASUKI PASAR OLIGOPOLI

 

No comments:

Post a Comment