Wednesday, May 02, 2012

GEJALA MAAG

Gejala maag tidak selalu sesuai dengan tingkat perubahan fisik dalam lapisan perut.
Lapisan lambung dapat diperiksa dengan endoskopi, dengan kamera kecil di ujung yang dapat dimasukkan perut.
Gejala penyakit maag berat mungkin hadir ketika perut lama menderita namun tidak ada pengobatan. Gejala sakit maag bersifat subjektif sehingga perlu dilakukan beberapa pemeriksaan laboratorium maupun pemeriksaan lainnya. Gejala sakit maag seiring waktu berjalan akan merusak sedikit demi sedikit lapisan lambung.

Sensasi Gejala Maag Adalah Hal Yang Subjektif
Orang tua secara khusus memiliki kemungkinan jauh lebih tinggi mengembangkan kerusakan lambung yang tidak menyakitkan. Mereka mungkin tidak memiliki gejala maag sama sekali (tidak ada mual, muntah, nyeri) sampai mereka tiba-tiba jatuh sakit dengan perdarahan internal. Pada orang yang memiliki gejala sakit maag, sakit atau ketidaknyamanan di perut bagian atas adalah gejala yang paling umum. Gejala maag terjadi sakit di perut bagian kiri atas dan di belakang. Rasa sakit bisa juga menjalar ke kanan langsung melalui seseorang saat ia berpindah dari perut ke belakang.
Penderita dengan gejala maag sering menggunakan istilah terbakar, sakit, menggigit, melilit, atau perih untuk menggambarkan rasa sakit. Biasanya, rasa samar ketidaknyamanan, tetapi rasa sakit mungkin tajam, menusuk, atau seperti terpotong.
Gejalapenyakit maag lain yang dapat menyertai antara lain bersendawa (biasanya dapat membebaskan atau mengurangi rasa sakit hanya sebentar), mual dan muntah, kembung, merasa penuh atau terbakar di bagian atas perut, dll. Mual dan muntah kadang-kadang berwarna hijau atau kuning, darah bergaris, atau benar-benar berdarah, tergantung pada beratnya peradangan lambung. Dalam maag yang lebih berat, pendarahan bisa terjadi di dalam perut. Semua gejala maag dapat terjadi tiba-tiba dan sangat peka terhadap mereka yang sudah berumur (di atas 65 tahun). Salah satu gejala sakit maag berikut dapat dilihat maupun yang telah disebutkan.
1.     Pucat, berkeringat, dan jantung berdetak cepat
2.    Merasa pingsan atau nafas pendek
3.    Nyeri dada atau sakit perut yang parah
4.    Muntah darah dalam jumlah besar
5.    Buang air besar berdarah atau gelap, lengket, berbau sangat busuk

No comments:

Post a Comment