Thursday, May 03, 2012

PENYEBAB MAAG

Penyebab maag dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:
·         Pola makan
·         Pemilihan jenis makanan
·         Stress (emosi yang tidak stabil)
·         Pemakaian obat-obatan tertentu, alkohol, rokok
·         Adanya penyakit seperti luka bakar, pembedahan gagal ginjal, dan lain-lain

Penyebab penyakit maag sebenarnya dapat dilakukan dengan merencanakan programnya dengan bantuan tim medis. Konsultasi kepada dokter spesialis gastrointestinal dapat membantu memanajemen penyakit dan mengetahui penyebab maag.
Orang yang memiliki pola makan tidak teratur mudah terserang penyakit maag. Pada saat perut harus diisi, tapi dibiarkan kosong, atau ditunda pengisiannya, asam lambung akan mencerna lapisan mukosa lambung, sehingga timbul rasa nyeri. Tidak sedikit penyebab maag akibat pola makan yang tidak teratur. Makanan tertentu akan merangsang dinding lambung, sehingga terjadi radang/ luka, seperti makan yang pedas atau asam. Itulah yang menyebabkan penderita maag biasanya pantang makan makanan pedas atau asam.

Stress dan Obat-Obatan Sebagai Penyebab Maag
Stress diakui juga penyebab sakit maag di mana produksi asam lambung akan meningkat pada keadaan stress, seperti beban kerja yang berlebihan, cemas, takut, atau terburu-buru. Kadar asam lambung yang meningkat ini akan menimbulkan ketidaknyamanan pada lambung.
Ada obat-obatan tertentu yang merangsang dinding lambung, sehingga menimbulkan gangguan keseimbangan dalam lambung. Inilah alasan mengapa obat harus dikonsumsi sesudah makan, obat-obatan berpotensi sebagai penyebab maag. Beberapa di antara obat tersebut adalah obat penghilang rasa sakit (golongan salisilat dan asam mifenamat seperti aspirin, ponstan, dan lain-lain), serta obat-obat rematik.
Banyak di antara kita yang menganggap sepele penyakit maag ini. Padahal banyak ancaman serius di balik serangannya. Aktivitas jadi terganggu lantaran nyeri, perih dan mual, adalah salah satu hal yang pasti. Yang sering tidak disadari adalah akibat lebih lanjut dari penyakit ini. Jika dibiarkan saja tanpa pengobatan, maka radang akan semakin hebat, luka akan makin dalam, lambung akan berdarah. Penyebab maag jika dibiarkan terus-menerus oleh kompensasi tubuh dapat berakibat fatal, karena dapat berujung pada kanker lambung. Faktanya banyak orang yang masih membiarkan sakitnya berlalu begitu saja tanpa ada tindakan khusus.

No comments:

Post a Comment