Tuesday, May 15, 2012

KIAT MENJADIKAN DIALOG BERLANGSUNG MENARIK DAN MENGESANKAN

  1. Menghindari perdebatan/ sikap berbantah-bantahan (jadal). Inilah cara terbaik untuk dapat memetik hasil positif dalam setiap dialog.
  2. Jangan mengatakan kepada teman bicara Anda, "Anda salah!" Hal ini tidak selamanya mesti terucap secara verbal dari mulutmu namun juga bisa ditangkap teman bicara Anda dari intonasi suara maupun isyarat tubuh (body language) yang Anda tunjukkan.
  3. Berusahalah untuk senantiasa bersikap/ bertindak bijaksana semampu Anda tanpa harus mengiklankannya secara verbal kepada teman bicara Anda. Pupuklah sifat toleran dan lapang dada dalam menghadapi tindak-tanduk mereka.
  4. Jangan sungkan-sungkan untuk mengakui kesalahan kepada teman bicara Anda jika memnag diri Anda melakukan kesalahan.
  5. Sampaikanlah kata-kata Anda dengan lembut dan penuh nuansa persahabatan. Walaupun diri Anda ketika itu sedang diliputi kemarahan oleh suatu hal, jangan lampiaskan dalam pembicaraan Anda dengan orang lain. Seperti dalam kata hikmah berikut ini "Setetes madu yang dapat mengundang datangnya semut dari jauh lebih baik ketimbang sebaskom cairan pahit".
  6. Hindari penggunaan kata-kata yang bernada perintah. Sebaliknya, usahakan untuk menyampaikan hal-hal yang bersifat usulan di mana masih terbuka peluang lebar untuk mendiskusikannya.
  7. Ungkapkan kesalahan Anda terlebih dahulu sebelum melancarkan kritik terhadap teman bicara Anda.
  8. Sampaikanlah pujian yang tulus kepada teman bicaramu ketika dia mengatakan sesuatu yang memang baik/ berkualitas.

No comments:

Post a Comment