Sunday, May 06, 2012

SUATU PEMBELAJARAN

Tanggung jawab dan kepercayaan.

Di mana di saat kita harus bertanggung jawab terhadap apa yang kita lakukan agar mendapat kepercayaa dari seseorang itu amatlah sangat sulit, apalagi bila seseorang yang kita maksud itu adalah kedua orang tua kita.

Di zaman yang semakin (boleh dibilang edan ini) mendapatkan kepercayaan dari kedua orang tua kita itu amatlah sulit, karena kita harus menunjukkan sikap tanggung jawab kita kepada kedua orang tua. Kita buktikan bahwa kita bisa bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan. Akan tetapi ada halnya di mana kedua orang tua yang sulit menaruh kepercayaan kepada kita padahal kita telah semampu dan sebaik mungkin bertanggung jawab terhadap apa yang kita lakukan selama ini, tetapi sama saja mereka masih menganggap kita sebagai seseorang yang mungkin belum dewasa, atau belum bisa menerima rintangan, ujian serta hambatan di kehidupan yang keras ini.

Ya, mungkin ada beberapa orang yang masih bisa bertahan dengan sikap kedua orang tuanya yang mungkin “over protective”. Dan ada juga mereka yang nekat untuk melakukan hal yang dalam pikiran dia adalah sebuah “kebebasan” yang akhirnya malah berujung terhadap kepada penyesalan.
Karena apa? Karena mereka terkadang lelah menerima perintah, petuah, omelan dari kedua orang tua yang terlalu “over protective”. Mereka juga ingin merasakan apa itu arti kebebasan, asal masih dalam batas yang wajar.

Seharusnya sebagai orang tua yang hidup di zaman yang perkembangan teknologinya berkembang pesat, mereka menuntun, mengarahkan anak-anaknya. Bukan malah mereka terlalu melarang apa yang ingin dilakukan anaknya. Coba untuk melepas anak ke dunia luar, agar mereka bisa mengenal sifat, karakter, dan kepribadian orang lain. Agar anak bisa belajar dari kehidupan orang lain, mengambil sisi positifnya untuk mereka praktekan di dalam kehidupan sehari-hari, dan membuang sisi negatifnya serta menjadikannya sebagai pelajaran.

Dengan belajar dari dunia luar, mereka bisa menjadi lebih dewasa. Karena di sana akan terselip arti nilai-nilai kehidupan yang bisa membuat pendewasaan diri. Mereka akan berfikir dalam bertindak, tidak langsung dalam melakukan sesuatu. Mereka akan menimbang masak-masak dalam mengambil keputusan. Karena belajar tidak hanya dari sekolah formal, perkuliahan, bimbingan les, tapi belajar kita bisa dapatkan juga dari pengalaman kehidupan seseorang yang ada di luar sana, di luar dari pandangan kehidupan kita.

Dan sebagai anak, berilah sikap tanggung jawabmu agar selalu mendapat kepercayaan dari kedua orang tua, jika telah mendapatkannya maka JAGALAH kepercayaan itu. Jangan sampai merusaknya!

No comments:

Post a Comment